HomeGrammar Advance Level 3Discussion Text – Pengertian, Struktur dan Cirinya
Discussion Text

Discussion Text – Pengertian, Struktur dan Cirinya

Ada beragam jenis text dalam bahasa Inggris, seperti analytical exposition, narrative text, recount text, discussion text dan lainnya. Ragam text dalam bahasa Inggris itu memiliki struktur dan ciri-ciri yang berbeda satu sama lain. Oleh karenanya, jika ada luang waktu, Anda dapat memanfaatkannya untuk mempelajari semua jenis text tersebut.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang discussion text atau dalam bahasa Indonesia: teks diskusi. Seperti apa struktur dan ciri-cirinya, mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Discussion Text

Sebelum menuju ke pembahasan struktur dan ciri-ciri discussion text, Anda harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Discussion text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang memuat suatu permasalahan yang dibahas dengan ragam sudut pandang. Jadi, pembaca dapat menemukan pandangan pro dan kontra dalam jenis teks itu.

Adapun permasalahan yang dibahas dalam teks diskusi adalah isu-isu hangat dan kontroversial yang sedang โ€˜mengudaraโ€™ di tengah masyarakat. Sementara itu, tujuan dari teks ini adalah untuk menginformasikan pandangan baru kepada masyarakat terkait isu yang dibahas. Sehingga, masyarakat mengetahui suatu isu dengan ragam sudut pandang.

Lantas, apa bedanya discussion text dengan persuasif text? Memang, jika dilihat dari strukturnya, kedua jenis teks dalam bahasa Inggris ini sangat mirip. Namun, jika dilihat dari tujuannya, ada perbedaan yang mencolok.

Persuasive text dibuat untuk โ€˜membujukโ€™ atau menggiring pembaca agar sepakat dengan pandangan penulis. Sementara teks diskusi, sebagaimana dipaparkan di atas, dibuat untuk memberikan ragam sudut pandang bagi pembaca.

Struktur Discussion Text

Jika Anda tertarik untuk membuat discussion text maka Anda harus mengetahui strukturnya yang benar. Struktur teks ini sendiri terdiri atas empat bagian, yakni bagian issue, supporting point, contrasting point dan conclusion. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Issue

Pada paragraf pertama, jelaskan apa isu atau permasalahan yang dibahas. Jangan lupa juga untuk latar belakang permasalahan tersebut agar pembaca dapat memahami argumen yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

2. Supporting Point

Pada bagian ini, tunjukkan opini dan fakta yang setuju atau pro terhadap isu yang dibahas. Anda boleh membeberkan lebih dari satu sudut pandang pro.

3. Contrasting Point

Selanjutnya Anda menunjukkan opini dan fakta yang tidak setuju atau kontra terhadap isu yang dibahas. Anda juga boleh mengemukakan lebih dari satu sudut pandang kontra.

4. Conclusion

Pada bagian terakhir, Anda bisa memaparkan pendapat, saran dan rekomendasi terkait isu yang dibahas. Ingat! Discussion teks menuntut penulis untuk bersifat netral hingga akhir. Jadi, jangan sampai pada bagian konklusi justru dikemukakan pendapat yang memihak salah satu sudut pandang.

Ciri-ciri Discussion Text

Sedikitnya ada empat ciri-ciri discussion text yang perlu Anda pahami. Di antaranya sebagai berikut :

  • Jenis tenses yang digunakan adalah simple present tense.
  • Menggunakan modals seperti can, could, may, must, should dan lainnya.
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung guna mengaitkan dua kalimat agar lebih enak dibaca. Contoh konjungsi yang sering digunakan di antaranya: but, on the other hand however, on the contrary, nevertheless, in addition, as a result dan lainnya.
  • Memasukkan sumber yang terpercaya atau dalam bahasa Inggris disebut respected source.

Itulah pembahasan tentang discussion text, mulai dari pengertian, struktur dan ciri-cirinya. Anda sekarang sudah mengetahui teorinya, sekarang saatnya Anda mempraktikkannya. Yuk bikin teks diskusi dengan mengambil salah satu isu hangat yang sedang ramai dibahas belakangan ini.

    10 Comments

  1. Amelia
    May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih artikelnya sangat membantu…

  2. May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih kembali ๐Ÿ™‚

  3. Rian
    May 27, 2022
    Reply

    Ijin save ya admin, terimakasih…

  4. May 27, 2022
    Reply

    Silahkan ๐Ÿ™‚

  5. Aini
    May 27, 2022
    Reply

    Wah bermanfaat sekali, penjelasannya mudah dipahami juga…. terimakasih…

  6. May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih kembali ๐Ÿ™‚

  7. Rumi
    May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih Primary English, senang belajar di website ini….

  8. May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih kembali ๐Ÿ™‚

  9. Ghani
    May 27, 2022
    Reply

    Sangat berguna pembahasannya… terimakasih….

  10. May 27, 2022
    Reply

    Terimakasih kembali ๐Ÿ™‚

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Apakah Anda sudah tahu apa itu complex sentence? Jika belum, mari simak pembahasan artikel ini sampai tuntas! Agar lancar berbahasa...
Salah satu jenis text dalam bahasa Inggris adalah recount text. Apa itu recount text? Coba ingat-ingat kembali, mungkin Anda sudah...
Kenali definisi rumus dan contoh imperative sentence dalam pembahasan artikel ini! Imperative sentence, dalam bahasa indonesia, dikenal dengan kalimat perintah....