HomeStructure TOEFLPembahasan Soal Structure TOEFL #9

Pembahasan Soal Structure TOEFL #9

Pembahasan Soal Structure TOEFL

Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal TOEFL kali ini adalah tipe structure yang ke #9 dimana dalam soal terdapat kalimat yang rumpang, kemudian ada 4 pilihan jawaban. Soal dan jawaban telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kita pelajari.

Soal Structure TOEFL #9

Soal No.1

1. Amanda Way’s career as a social reformer ____ in 1851 when, at an antislavery meeting in Indiana, she called for a state woman’s rights convention. (Karir Amanda Way sebagai reformis sosial _____ pada tahun 1851 ketika, di sebuah pertemuan anti perbudakan di Indiana, dia mengadakan konvensi untuk hak-hak perempuan di negara bagian tersebut).

(A) begin
(B) began
(C) have begun
(D) to have begun

Pembahasan :

Kalimat di soal ini perlu kita penuhi dengan tenses yang sama dengan tenses yang dipakai untuk soal tersebut. Kita bisa tahu tenses yang dipakai di soal tersebut dengan adanya penggunaan ‘called’ sebagai penentu tenses. Kita tidak perlu menggunakan kata ‘have’ atau to have’ dikarenakan aksi yang terjadi hanya ada satu dan tidak memerlukan penggunaan tenses past perfect. Setelah mengetahui informasi tersebut, kita hanyalah diharuskan menggunakan ‘begin’ yang diubah menjadi variasi past participlenya. Berhubung ‘begin’ mempunyai bentuk irregular verb ‘began’ untuk past participlenya. Jadi, jawabannya adalah (B) began.

Soal No.2

2. The celesta, an orchestral percussion instrument, resembles ___. (Celesta, sebuah instrumen perkusi orkestra, menyerupai ____)

(A) a small upright piano
(B) how a small upright piano
(C) a small upright piano is
(D) as a small upright piano

Pembahasan :

Untuk soal tersebut, dikarenakan adanya penggunaan kata ‘resembles’ (menyerupai), kita hanya diminta untuk menuliskan deskripsi sebuah noun phrase yang benar. Noun phrase adalah sebuah kumpulan kata yang berupa sebuah artikel, satu atau lebih kata sifat, dan satu atau lebih kata benda. Berikut adalah cara menuliskan noun phrase dalam bentuk rumus : Article + Adjective(s) + Noun(s). Jadi, susunan kata yang benar adalah  ‘a (article) + small upright (adjectives) + piano (noun)’. Oleh karena itu, jawabannya adalah (A) a small upright piano.

Soal No.3

3. Thomas Paine, _____, wrote Common Sense, a pamphlet that identified the American colonies with the cause of liberty. (Thomas Paine, _______. menulis Akal Sehat, sebuah pamflet yang mengidentifikasikan koloni-koloni Amerika dengan tujuan kemerdekaan).

(A) writer of eloquent
(B) whose eloquent writing
(C) an eloquent writer
(D) writing eloquent

Pembahasan :

Seperti soal sebelumnya, yang diinginkan soal ini adalah menulis sebuah noun phrase yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan kita perlu memberikan gambaran tambahan atas subyek kalimat tersebut : Thomas Paine. Rumusnya adalah : article + adjective(s) + noun(s). Nah, bisa kita lihat di jawaban tersebut penggunaan an (article) + eloquent (adjective) + writer (noun). Kita tidak menggunakan (B) dikarenakan tidak lengkapnya maksud dari ‘eloquent writing’ tersebut. Dengan demikian, jawabannya adalah (C) an eloquent writer.

Soal No.4

4. Although beavers rarely remain submerged for more than two minutes, they can stay underwater ____ fifteen minutes before having to surface for air. (Meskipun berang-berang jarang di dalam air lebih dari dua menit, mereka bisa di dalam air ____ lima belas menit sebelum mereka naik ke permukaan).

(A) as long
(B) as long as
(C) so long
(D) so long that

Pembahasan :

Soal tersebut memerlukan kita untuk menggunakan kata sambung yang mengaitkan kemampuan berang-berang untuk bernafas sampai lima belas menit. Disini kita tidak memakai kalimat ‘so long’ dikarenakan berang-berang tidak memiliki persyaratan khusus untuk bernafas selama lima belas menit, jadi kita memakai kalimat ‘as long’. Nah, disini, kita juga harus menggunakan kata ‘as’ dibelakang ‘as long’ dikarenakan ada waktu yang digunakan untuk mendeskripsikan waktu nafas berang-berang tersebut ditahan. Oleh sebab itu, jawabannya adalah (B) as long as.

Soal No.5

5. Protein digestion begins in the stomach ____ ends in the small intestine. (Pencernaan protein dimulai di perut ____ berakhir di usus kecil).

(A) while
(B) and
(C) how
(D) because

Pembahasan :

Disini kita diharuskan untuk melengkapi bagian yang kosong dengan kata yang melengkapi deskripsi awalan dan akhiran. Untuk soal-soal tersebut bisa kita melihat berbagai kata sambung, tetapi yang kita butuhkan hanya satu dalam instansi ini. Di soal tersebut bisa kita lihat ada kata ‘begins’ dan ‘ends’. Jika ada dua kata tersebut, kita hanya perlu menggunakan kata sambung ‘and’ untuk melengkapi awalan dan akhiran sebagai isian yang sesuai. Oleh karena itu jawabannya adalah (B) and.

Latihan Soal :

Jawab Pertanyaan Berikut !!!!

1. Amanda Way’s career as a social reformer ____ in 1851 when, at an antislavery meeting in Indiana, she called for a state woman’s rights convention.

2. The celesta, an orchestral percussion instrument, resembles ___.

3. Thomas Paine, _____, wrote Common Sense, a pamphlet that identified the American colonies with the cause of liberty.

4. Although beavers rarely remain submerged for more than two minutes, they can stay underwater ____ fifteen minutes before having to surface for air.

5. Protein digestion begins in the stomach ____ ends in the small intestine.

Bagaimana teman-teman? Apakah bisa dipahami pelajaran TOEFL di atas? Jangan lupa selalu belajar bahasa Inggris ya. Ingin Kursus Bahasa Inggris? Ikuti kelas online English Fast sekarang :

Baca juga pembahasan lainnya di sini :

Share:

    10 Comments

  1. Aulia
    May 25, 2024
    Reply

    Pembahasan soalnya mudah dipahami, terimakasih…

  2. May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  3. Doni
    May 25, 2024
    Reply

    Wah bermanfaat sekali… terimakasih…

  4. May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga membantu…

  5. Kinar
    May 25, 2024
    Reply

    Sangat berguna pembahasannya… terimakasih….

  6. May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  7. Bianca
    May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih English Fast, senang belajar di website ini….

  8. May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  9. Nadine
    May 25, 2024
    Reply

    Wah bermanfaat sekali, penjelasannya mudah dipahami juga…. terimakasih…

  10. May 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sobat English Fast ingin latihan soal TOEFL? Berikut ini adalah latihan berbagai macam soal TOEFL yang bisa kamu pelajari. Soal-soal...
Belajar Grammar TOEFL Salah satu materi fundamental yang terdapat dalam tes TOEFL adalah tata bahasa atau grammar. Ruang lingkup teori...
Pembahasan Soal Structure TOEFL Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal structure TOEFL...