HomeStructure TOEFLPembahasan Soal Structure TOEFL #6

Pembahasan Soal Structure TOEFL #6

Pembahasan Soal Structure TOEFL

Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal structure TOEFL kali ini adalah tipe written expression yang ke #6 dimana kita harus mencari bagian yang salah didalam kalimat soal tersebut. Soal dan jawaban telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kita pelajari.

Soal Structure TOEFL #6

Soal No.1

1. Underlying aerodynamics and all other branches of theoretical mechanics are the laws of motion who were developed in the seventeenth century. (Dasar aerodinamik dan cabang-cabang lain dari teori mekanisme adalah hukum gerakan yang dikembangkan pada abad ke tujuh belas). 

(A) all
(B) branches
(C) are
(D) who

Pembahasan :

Soal ini memerlukan kita untuk mengetahui dan memahami tata penulisan kata ganti (pronoun) di kalimat Bahasa Inggris. Disini, ‘who’ siapa, digunakan untuk menjelaskan apa , yang mana dalam kalimat mengarah pada kata ‘laws of motion’. Siapa tidak bisa digunakan untuk mengganti panggilan untuk kata benda yang bukan merupakan seorang individu. Oleh karena itu, jawabannya adalah (D) who.

Soal No.2

2. Was opened in 1918, the Philips Collection in Washington, D.C., was the first museum in the United States devoted to modern art. (Telah dibuka tahun 1918, Phillips Collection di Washington, D.C., adalah museum pertama di Amerika Serikat yang dikhususkan untuk seni modern).

(A) Was opened
(B) in
(C) devoted
(D) art

Pembahasan :

Untuk soal seperti ini, kita harus terus mengingat suatu aspek Bahasa Inggris yang sangat penting : Variasi dari ‘be’ tidak bisa dipakai untuk mengawali suatu kalimat jika dibarengi dengan verb lain dengan tenses variasi past (verb-ed) dan continuous (verb-ing). Awalan kata yang seperti ini jika ada di teks berarti penggunaannya informal dan tidak disarankan. Karena itu, jawabannya adalah (A) Was opened.

Soal No.3

3. A mortgage enables a person to buy property without paying for it outright, thus more people are able to enjoy to own a house. (Hipotek memperbolehkan seseorang untuk membeli properti tanpa membayar penuh, jadi banyak orang-orang bisa menikmati bisa memiliki sebuah rumah).

(A) enables
(B) to buy
(C) without
(D) to own

Pembahasan :

Di soal ini, kita diberikan dua buah ‘to verb’ yang dimana salah satunya merupakan susunan kata yang salah. Untuk ‘to buy’, susunan kata ini termasuk benar karena susunan kata itu menggambarkan seorang individu untuk membeli properti tanpa membayar penuh. Akan tetapi, ‘to own’ tidak menggambarkan penggunaan grammar Bahasa Inggris yang benar. Dikarenakan grammar yang dipakai untuk kepemilikan merupakan continuous, maka seharusnya penggunaan kata yang benar adalah ‘owning’ dan bukan ‘to own’. Oleh karena itu, jawabannya adalah (D) to own.

Soal No.4

4. Alike ethnographers, ethnohistorians make systemic observations, but they also gather data from documentary and oral sources. (Seperti ahli ethnografi, sejarahwan suku melakukan pengamatan sistemik, tetapi mereka juga mengumpulkan data dari dokumentasi dan sumber-sumber lisan).

(A) alike
(B) make
(C) also
(D) sources

Pembahasan :

Apakah saat kamu membaca soal tersebut ada yang aneh pada kalimat tersebut? Ya, ada kata ‘but’ (tetapi) untuk menggambarkan kemiripan dua buah aspek yang berbeda. Disini, kita bisa melihat bahwa sumber masalahnya ada di kata ‘alike’ (seperti) yang seharusnya tidak dipakai untuk menggantikan ‘unlike’ (tidak seperti). Dikarenakan hal tersebut, jawabannya adalah (A) alike.

Soal No.5

5. Basal body temperature refers to the most lowest temperature of a healthy individual during waking hours. (Temperatur tubuh basal terkait dengan temperatur terpaling rendah dari individu-individu yang sehat selama terbangun).

(A) refers
(B) most lowest
(C) healthy
(D) during

Pembahasan :

Pada soal ini, kita bisa melihat salah satu kesalahan yang awam dan gampang diperbaiki. Penggunaan kata sifat (adjective) yang berakhiran -est sudah memiliki arti yang berarti sudah paling maksimal atau paling minimal untuk menggambarkan kalimat tersebut. Intinya, adjective yang berakhiran -est seperti lowest, highest, bravest, tidak diawali dengan kata most lagi. ‘Most’ digunakan untuk adjective yang tidak memiliki -est seperti most responsible, most knowledgable, most intellectual, dan lainnya. Oleh karena itu, jawabannya adalah (B) most lowest.

Latihan Soal :

Jawab Pertanyaan Berikut !!!!

1. Underlying aerodynamics and (all) other (branches) of theoretical mechanics (are) the laws of motion (who) were developed in the seventeenth century.

2. (Was opened) in 1918, the Philips Collection (in) Washington, D.C., was the first museum in the United States (devoted) to modern (art).

3. A mortgage (enables) a person (to buy) property (without) paying for it outright; thus more people are able to enjoy (to own) a house.

4. (Alike) ethnographers, ethnohistorians (make) systemic observations, but they (also) gather data from documentary and oral (sources).

5. Basal body temperature (refers) to the (most lowest) temperature of a (healthy) individual (during) waking hours.

Bagaimana teman-teman? Apakah kamu bisa memahami pembahasan soal structure TOEFL di atas? Jangan lupa selalu belajar Bahasa Inggris dengan semangat. Ingin Kursus Bahasa Inggris? Ikuti kelas online English Fast sekarang :

Baca juga Pembahasan lainnya di bawah ini :

  1. Pembahasan structure TOEFL #5
  2. Pembahasan structure TOEFL #7
  3. Pembahasan structure TOEFL #8
  4. Pembahasan structure TOEFL #9
  5. Pembahasan structure TOEFL #10

Share:

    10 Comments

  1. Aulia
    July 25, 2024
    Reply

    Pembahasan soalnya mudah dipahami, terimakasih…

  2. July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  3. Doni
    July 25, 2024
    Reply

    Wah bermanfaat sekali… terimakasih…

  4. July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga membantu…

  5. Kinar
    July 25, 2024
    Reply

    Sangat berguna pembahasannya… terimakasih….

  6. July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  7. Bianca
    July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih English Fast, senang belajar di website ini….

  8. July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

  9. Nadine
    July 25, 2024
    Reply

    Wah bermanfaat sekali, penjelasannya mudah dipahami juga…. terimakasih…

  10. July 25, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali, semoga bermanfaat…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sobat English Fast ingin latihan soal TOEFL? Berikut ini adalah latihan berbagai macam soal TOEFL yang bisa kamu pelajari. Soal-soal...
Belajar Grammar TOEFL Salah satu materi fundamental yang terdapat dalam tes TOEFL adalah tata bahasa atau grammar. Ruang lingkup teori...
Pembahasan Soal Structure TOEFL Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal structure TOEFL...