HomeStructure TOEFLPembahasan Soal Structure TOEFL #3

Pembahasan Soal Structure TOEFL #3

Pembahasan Soal Structure TOEFL

Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal structure TOEFL kali ini adalah tipe written expression yang ke #3 dimana kita harus mencari bagian yang salah didalam kalimat soal tersebut. Soal dan jawaban telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kita pelajari.

Soal Structure TOEFL #3

Soal No.1

1.  A variation of collodion photography was the tintype, which captured images on a black or dark brown metal plate instead from on glass. (Variasi dari fotografi collodion adalah tintype, dimana gambar ditampilkan pada plat hitam atau coklat tua ketimbang dari kaca).

(A) variation
(B) which
(C) or
(D) instead from

Pembahasan :

Disini, dapat dilihat dari jawaban yang sudah disediakan bahwa ‘instead from’ bukanlah kata-kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berbeda dari plat hitam atau coklat tua ketimbang di kaca. Jadi kita memakai ‘Instead of’ . Sehingga jawabnya adalah (D) instead from.

Soal No.2

2. In cases of minor injury to the brain, amnesia is likely to be a temporarily condition. (Jika terjadi luka ringan pada otak, amnesia berkemungkinan besar menjadi kondisi tersementara).

(A) In cases of
(B) to
(C) likely
(D) temporarily

Pembahasan :

Soal ini memerlukan kita untuk mengetahui properti suatu adverb (kata keterangan). Umumnya, kata keterangan memerlukan suffix -ly untuk memberikan keterangan pada kata kerja, akan tetapi, yang diterangkan di soal ini adalah kata benda yaitu ‘Condition’, bukan kata kerja. Kata benda condition seharusnya dijelaskan dengan bentuk adjective (kata sifat) dan tidak menggunakan kata ‘Temporarily’. Sehingga  jawabannya  (D) temporarily.

Soal No.3

3. The system of chemical symbols, first devised about 1800 gives a concise and instantly recognizable description of a element or compound. (Sistem dari simbol-simbol kimia, pertama didapatkan  di tahun 1800 memberikan deskripsi yang singkat dan dapat ditemukan secara instan ke elemen dan senyawa).

(A) system
(B) instantly
(C) a
(D) or

Pembahasan :

Apakah kalian tahu cara membedakan article a dan an? a digunakan sebelum kata-kata yang huruf awalannya bukan huruf vokal (a-i-u-e-o) dan an digunakan sebelum kata-kata yang huruf awalannya merupakan huruf vokal (a-i-u-e-o). Jadi, jawabannya adalah (C) a, karena kita harusnya menggunakan ‘an’ sebelum ‘element’.

4. The fact that white light is light composed of various wavelengths may be demonstrating by dispersing a beam of such light through a prism. (Faktanya bahwa cahaya putih adalah cahaya yang terdiri dari berbagai macam gelombang  kemungkinan bisa mendemonstrasikan dengan menyebarkan sinar tertentu melewati penjara).

(A) The fact that
(B) composed of
(C) demonstrating
(D) such

Pembahasan :

Faktanya, terdapat penggunaan verb-ing yang salah di soal tersebut. Untuk kata ‘demonstrating’, seharusnya tidak dipakai dalam konteks untuk demonstrasi suatu eksperimen. Untuk konteks seperti itu, kita harus memakai bentuk verb-ed dari demonstrate, yaitu demonstrated. Dengan demikian, kata yang salah adalah (C) demonstrating.

Soal No.5

5. Over the course of history, much civilizations developed their own number systems. (Sepanjang sejarah, banyak peradaban mengembangkan sistem numerik mereka sendiri).

(A) Over
(B) much
(C) their own
(D) systems

Pembahasan :

Untuk soal ini, kita harus mengerti kata apa yang harus digunakan sebagai penjelas kata ‘civilization’, dimana kata itu merupakan sebuah noun (kata benda) yang bisa dihitung (countable), jadi kalimat yang harus digunakan bukan ‘much’, akan tetapi ‘many’ yang merupakan bentuk adjective (kata sifat) dengan arti yang sama dengan kata ‘much’. Jadi jawabannya adalah (B) much.

Latihan Soal :

Jawab Pertanyaan Berikut !!!!

1.  A (variation) of collodion photography was the tintype, (which) captured images on a black (or) dark brown metal plate (instead from) on glass.

2. (In cases of) minor injury (to) the brain, amnesia is (likely) to be a (temporarily) condition.

3. The (system) of chemical symbols, first devised about 1800 gives a concise and (instantly) recognizable description of (a) element (or) compound.

4. (The fact that) white light is light (composed of) various wavelengths may be (demonstrating) by dispersing a beam of (such) light through a prism.

5. (Over) the course of history, (much) civilizations developed (their own) number (systems).

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian memahami pembahasan soal structure TOEFL di atas ini ? Jangan lupa untuk terus belajar Bahasa Inggris dengan semangat. Ingin Kursus Bahasa Inggris ? Ikuti kelas online English Fast sekarang :

Baca Juga Pembahasan Lainnya di Sini :

  1. Pembahasan structure TOEFL #1
  2. Pembahasan structure TOEFL #2
  3. Pembahasan structure TOEFL #4
  4. Pembahasan structure TOEFL #5
  5. Pembahasan structure TOEFL #6

Share:

    10 Comments

  1. Bayu
    August 18, 2024
    Reply

    SANGAT BERMANFAAT

  2. August 18, 2024
    Reply

    Terimakasih…

  3. Anjas
    August 18, 2024
    Reply

    Pembahasannya mudah dipahami….

  4. August 18, 2024
    Reply

    Semoga membantu ya…

  5. Ninda
    August 18, 2024
    Reply

    Sangat bermanfaat, terimakasih…

  6. August 18, 2024
    Reply

    Semoga membantu, terimakasih kembali…

  7. Puji
    August 18, 2024
    Reply

    Cara daftar kelas TOEFL gratisnya gimana ya kak ?

  8. August 18, 2024
    Reply

    Bisa isi form dulu di link ini : https://englishfast.net/live/

  9. Ayusita
    August 18, 2024
    Reply

    Terimakasih, sangat bermanfaat…

  10. August 18, 2024
    Reply

    Terimakasih kembali ya…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sobat English Fast ingin latihan soal TOEFL? Berikut ini adalah latihan berbagai macam soal TOEFL yang bisa kamu pelajari. Soal-soal...
Belajar Grammar TOEFL Salah satu materi fundamental yang terdapat dalam tes TOEFL adalah tata bahasa atau grammar. Ruang lingkup teori...
Pembahasan Soal Structure TOEFL Halo sobat English Fast semuanya ! Sudah siap untuk belajar TOEFL ? Pembahasan soal structure TOEFL...